Assalamualaikum Wr.Wb
Dalam PIK-Remaja LIFE SKILL/KETERAMPILAN HIDUP ialah Salah satu Materi Pokok di dalam nya. Apa itu LIFE SKILL?? dan Apa saja pembagianya?? Cekidot :)
Keterampilan hidup adalah berbagai keterampilan
atau kemampuan untuk dapat berperilaku positif dan beradaptasi dengan
lingkungan memungkinkan seseorang mampu menghadapi berbagai tuntutan dan
tantangan dalam hidupnya sehari-hari secara efektif (DEPDIKNAS, 2002).
I. Jenis-jenis
Keterampilan Hidup
A. Keterampilan
Fisik
Adalah keterampilan seseorang
yang ditunjukkan secara fisik, seperti melihat, bersuara, mencium, merasa,
menyentuh, dan bergerak.
1. Keterampilan
Fisik
Ditandai dengan seorang remaja untuk memilih makanan,
berolahraga dan beristirahat secara seimbang.
2. Keterampilan
memahami tubuh dan merespon kebutuhan tubuh sendiri
Makna sehat yang hakiki adalah memahami kondisi dan kemampuan tubuh
kita dan menjalankan pola hidup sehat. Komunikasi yang terjalin baik antara
kita dengan tubuh kita akan menghasilkan mekanisme tubuh yang baik pula.
3. Keterampilan
mengatur pola makan dan olah raga
Pada dasarnya, sehat dimulai dari apa yang kita makan. Kita
perlu mulai berpikir dan berbuat, bagaimana caranya agar dapa membuat makanan
yang bukan hanya enak dilidah tapi jugas sehat di badan.
4. Ketarampilan
mengelola tidur
Perbaikan jaringan-jaringan sel yang rusak dalam tubuh umumnya
dilakukan dikala istirahat/tidur. Maka apabila kita sering kurang tidur atau
tidak memiliki kualitas tidur yang baik, cepat atau lambat akan mengganggu stabilitas
daya tahan tubuh kita.
B. Keterampilan
Mental
1. Keterampilan
mempercayai dan menghargai diri.
Percaya diri diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam
melakukan evaluasi terhadap dirinya sendiri, serta dapat mengukur suatu
perbuatan dari segi baik atau buruknya.
2. Keterampilan
berpikir positif
Berpikir positif adalah sebuah keterampilan untuk dapat melihat
sisi positif mengenai suatu hal, peristiwa, kejadian atau pengalaman.
3. Keterampilan
mengelola stress
Mengelola stress bukan sekedar mengurangi stress, tetapi juga
mengelola situasi yang menyebabkan stress. Mengelola stress berarti menemukan
jenis, cara, dan waktu stress yang tepat sesuai dengan ciri khas individu,
prioritas, dan situasi hidupnya untuk mencapai kinerja dan kepuasan maksimal.
4. Keterampilan
mengambil keputusan dan memecahkan masalah
Pengambilan keputusan adalah sebuah keterampilan yang membantu
remaja untuk menghapi berbagai keputusan dalam hidup secara konstruktif. Keterampilan
ini dapat dipelajari dan dipraktikkan
C. Keterampilan
Emosional
1. Keterampilan
bersikap tegas (asertif)
Asertif adalah sebuah sikap atau perilaku untuk mengekspresikan diri
secara tegas kepada pihak lain tanpa menyakiti pihak ataupun merendahkan diri
di hadapan pihal lain.
2. Keterampilan
berkomunikasi dengan orang lain (komunikasi interpersonal)
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pikiran dan perasaan
melalui bahasa, pembicaraan, pendengaran, gerakan tubuh, atau ungkapan emosi
oleh seseorang kepada orang lain disekitarnya.
D. Keterampilan
Spiritual
1. Keterampilan
memahami kehidupan spiritual
Spitualitas adalah unsur kehidupan manusia yang langsung
diberkan dan berasal dari Tuhan. Keterampilan memahami spiritualitas adalah
kemampuan memahami bahwa semua kegiatan jasmani, pikiran dan emosi manusia yang
digerakan atas dasar suara hati nurani dan diarahkan untuk memperoleh keridhoan
Tuhan Penciptanya.
2. Keterampilan
Menyadari Kehidupan Spiritual
Kemampuan spiritual itu akan terlihat pada perkembangan
kesadaran dan pemahaman manusia terhadap diri, orang lain, dan alam, yang
berujung pada peningkatan kesadaran dan pemahaman akan kebesaran Penciptanya.
Artinya, Spiritualitas muncul pada konteks hubungan manusia dengan dirinya,
orang lain, alam dan Penciptanya.
E. Keterampilan
Kejuruan (Vocational Skills)
Keterampilan kejuruan adalah
kemampuan atau keterampilan khusus yang dimiliki oleh remaja dan mahasiswa
dalam bidang non akademik, yakni berupa kemampuan remaja dan mahasiswa dalam
berwirausaha sesuai dengan bakat, minat dan hobinya untuk mendapatkan
penghasilan, sehingga remaja dan mahasiswa bisa hidup dengan bermanfaat bagi
keluarga, masyarakat, bangsa dan negaranya.
Tujuan keterampilan kejuruan
(vocational skills) adalah agar remaja dan mahasiswa mampu mengembangkan
potensi dirinya, bakat dan hobinya sehingga dapat mendatangkan penghasilan untuk
memenuhi kebutuhan hidupnya.
F. Keterampilan
Menghadapi Kesulitan
Mengubah Hambatan Menjadi
Peluang. Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak akan pernal lepas dari
hambatan, masalah, dan tantangan. Kita melihat ada orang-orang yang bisa
mengatasi dan meninggalkan kesulitan masa lalunya ada juga yang menyerah dan
menyalahkan masa lalunya.
1. Tipe
Keterampilan Menghadapi Kesulitan
Kemampuan orang dalam menghadapi hambatan, masalah, dan
tantangan dapat dibagi menjadi tiga yaitu :
a. Tipe cepat
menyerah (Quitters)
b. Tipe cepat
istiraha (Campers)
c. Tipe terus
mendaki (Climbers)
2. Dimensi
Keterampilan Menghadapi Kesulitan
Keterampilan menghadapi kesulitan terdiri dari 4 dimensi yang
masing-masing merupakan bagian dari sikap seseorang dalam menghadapi kesulitan.
a. C = Control
(kendali)
b. O2 = Origin dan
Ownership (sebab masalah dan pengakuan)
c. R = Reach
(jangkauan)
d. D. E =
Endurance (daya tahan)
3. Memperbaiki
Keterampilan menghadapi kesulitan dan tantangan
Keterampilan menghadapi kesulitan dan tantangan bukanlah hal
yang permanen atau menetap, dimensi-dimensi yang mempengaruhi sikap seseorang
dalam menghadapi masalah dapat diperbaiki dan ditingkatkan melalui keterampilan
LEAD dan Stoppers.
Tiap-tiap manusia khususnya Remaja pasti punya Skill tersendiri, apa itu? Anda sendiri yang tahu.. terima kasih , Wassalam. :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar